Tuesday 3 May 2016

Porsche Cayman GT4/Boxster

PORSCHE CAYMAN, minimnya mobil sport bertransmisi manual belakangan ini, sontak membuat para penikmat mobil sport dunia merasakan kerinduan yang mendalam pada sistem transmisi ini. Alhasil, saat ini mulai banyak merek mobil mencoba mengembalikan transmisi ini kepada varian mobil sportnya, seperti contohnya Porsche yang baru saja merilis Cayman GT4.
Menjadi keluarga GT terbaru di Porsche, Porsche Cayman GT4 tentu saja mendapatkan mesin yang beringas dan kuat untuk kelasnya. Terbukti, mesin yang digunakan Porsche Cayman GT4 sama persis dengan Porsche 911 Carerra S, 3.8 liter flat-six berkekuatan 385 hp. Tenaga ini menjadikan Cayman GT4 menjadi varian terkuat di antara keluarga Cayman.

Menggunakan sistem transmisi manual 6-percepatan, Porsche Cayman GT4 sanggup diajak berlari dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 4.4 detik, serta top speed mencapai 295 km/jam. Meski begitu, keberingasan mesin mobil ini tak serta merta membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Sebab Porsche mengklaim bahwa mobil ini hanya membutuhkan 10,3 liter BBM saja untuk jarak 100 km.
 
Porsche Cayman GT4 didesain untuk mampu beraksi secara sempurna di lintasan trek balap, tapi juga tetap asyik dikemudikan di jalanan biasa. Oleh sebab itulah, Porshce meracik mobil ini sedemikian rupa agar tetap nyaman meski memiliki performa terkuat di keluarganya.

Dari segi eksterior, fokus utama untuk aerodinamika menjadi perhatian utama para insinyur Porsche. Sebab kini di bagian bemper depan mendapatkan revisi di bagian intake, sekaligus spoiler belakang yang kini lebih besar.
 
Untuk menjaga mobil ini tetap mantap di jalanan, sistem pengereman pun diubah menggunakan Porsche Carbon Ceramic Brake, Sport Chrono Package, Porsche Torque Vectoring, Limited-Slip Differential, Track Precision App, dan Club Sport Package. Selain itu, ketinggian mobil ini pun lebih rendah 30mm dibandingkan Cayman standar.

Masuk ke dalam kabin, balutan material kulit dan alcantara berkualitas sukses menambah kesan sporti nan ekslusif di Porsche Cayman GT4. Untuk basis jok sendiri menggunakan serat karbon, yang kemudian dilapisi oleh material mewah senada dengan dashboard mobil.
Porsche Cayman GT4 dalam rilis resminya akan dikenalkan kepada publik secara resmi pada Geneva International Motor Show, 5-15 Maret mendatang. Kabarnya mobil ini sudah bisa dipesan publik dan mulai didistribusikan per akhir Maret 2015. Soal harga, diperkirakan Porsche Cayman GT4 akan dilepas di kisaran harga £ 64.451 (sekitar Rp941 jutaan).

  
PORSCHE BOXTER, debut di ajang New York Motor Show 2015, Porsche Boxster Spyder terlihat familiar dengan de­sain bumper depan dan belakang sama de­ngan Cayman GT4 yang lebih dulu diluncurkan. Porsche Boxster Spyder generasi terbaru ini masih mempertahankan tradisi pengurangan bobot yang menjadi pujaan penggemar Porsche. Seperti atap konvertibel yang harus dibuka secara manual, penggunaan bucket seat yang terbuat dari serat karbon. Diet ini menjadi makin serius dengan tidak tersedianya head unit dan pendingin udara. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada opsi pendingin udara dan sistem hiburan.

Keistimewaannya terlihat dari hampir semua desain dan komponennya yang merupakan gabung­an dari tipe Porsche lainnya. Seperti mesin 6 silinder 3.800 cc dari 911 yang sedikit dikembangkan untuk menghasilkan 370 dk. Hal itu membuatnya mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam 4,5 detik dan top speed mencapai 288 km/jam.
Begitu pula dengan rem yang lebih besar. Bucket Seat sama dengan milik 918 Spyder Hybrid Supercar yang memecahkan rekor waktu di Nurburgring.

Desain buritan dengan dua lekukan di bagian belakang tiap kursinya diadopsi dari 718 Spyder pada 1960-an. Melengkapi semua keindahannya, Porsche Boxster Spyder ini dilengkapi suspensi lebih rendah 20 mm dari Boxster standar. Selain itu Porsche mengklaim telah menyematkan sistem pengendalian yang lebih akurat. Hanya tersedia transmisi manual 6-percepatan, menandakan ia sebagai mobil bagi pengemudi antusias.
Boxster terkencang ini akan mulai dijual di Inggris pada Juli 2015 dengan harga mulai sekitar Rp 1,2 miliar. Ia lebih mahal dari Boxster GTS.



0 comments:

Post a Comment